Search
Jumat 28 Juli 2017
  • :
  • :

Waspada!, Endometriosis Bisa Picu Kanker

Starberita – Jakarta, Endometriosis merupakan kondisi yang memicu nyeri haid hingga kemandulan pada wanita. Baru-baru ini, peneliti menemukan kembali dampak buruk endometriosis yakni berkaitan dengan kanker.

Dilansir dari laman Medical Daily, studi tersebut dipublikasi dalam New England Journal of Medicine, yakni para peneliti dari Kanada yang menemukan kanker akibat adanya mutasi gen di luka pelvis wanita dengan endometriosis. Meski kasus tersebut masih sedikit, para dokter diminta lebih waspada terhadap kondisi endometriosis.

“Kami bukan hanya menemukan peradangan di sekitar jaringan endometriosis, tapi juga kesalahan genetik yang memicu gangguan biologi,” ujar peneliti Michael Anglesio.

Studi ini melibatan 39 wanita yang dianalisis pada jaringan rahimnya. Peneliti menemukan mutasi gen pada satu dari 10 wanita.

Tim peneliti menemukan bahwa lesi atau perlukaan pada rahim endometriosis akibat konsumsi pil estrogen, progesteron atau riwayat bedah. Sehingga, endometriosis ini menjadi kasus yang cukup mengkhawatirkan.

“Penemuan mutasi ini menjadi langkah awal untuk mendalami gejala dan efek dari tiap pasien. Di mana, kami akhirnya mampu menemukan tindakan pencegahan agar tidak meningkatkan risiko dari kanker pada endometriosis,” ujarnya lagi. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan