Search
Selasa 24 Oktober 2017
  • :
  • :

Wapres Bentuk Badan Restorasi Gambut

Starberita – Medan, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menggagas rehabilitasi lahan gambut. Sejak dua tahun lalu, saat puncak kebakaran hutan di Indonesia, sosok yang akrab disapa JK itu lalu mengumpulkan sejumlah menteri terkait dan menghadirkan pakar lingkungan dunia serta ahli gambut.

“Dua tahun lalu digagas Pak JK ketika puncak terjadinya kebakaran hutan di Indonesia. Pak JK mengumpulkan sejumlah menteri terkait dan menghadirkan pakar-pakar lingkungan dunia ahli gambut untuk menyosialisasikan gagasannya merehabilitasi lahan gambut yang terbakar,” ujar Juru Bicara Wapres Husain Abdullah, di Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Saat itu, JK menyebut kebakaran hutan tak bisa disikapi hanya dengan pemadaman yang bersifat insidental. Terlebih bencana tersebut bisa terjadi setiap tahun.

“Kata JK dua tahun lalu, kita tidak bisa menyelesaikan kebakaran hutan hanya dengan pemadam kebakaran karena bisa terjadi setiap tahun. Lahannya yang harus direstorasi kembali agar hutan kembali hijau dan lestari,” sambungnya.

Alhasil, muncul gagasan dari JK untuk merestorasi 2 juta hektare lahan gambut. Selanjutnya, dari ide tersebut, lahirlah Badan Restorasi Gambut (BRG).

“Dari gagasan Pak JK tentang restorasi lahan gambut 2 juta hektar, lahir Badan Restorasi Gambut,” tandasnya. (sbc-03/okz)




Tinggalkan Balasan