Search
Selasa 30 Mei 2017
  • :
  • :

Tahun 2025, Indonesia Bisa Impor Minyak 2 Juta Bph

Starberita – Medan, Indonesia butuh banyak investasi khususnya di sektor energi minyak dan gas (migas) agar banyak kegiatan eksplorasi. Sebab, jika kegiatan eksplorasi terus turun, maka diproyeksikan Indonesia akan menjadi negara importir minyak 2 juta barel per hari pada 2025.

Pengamat Energi Pri Agung Rakhmanto mengatakan, investasi di sektor energi membutukan jaminan investasi. Artinya dengan besarnya risiko eksplorasi, investor pasti memikirkan secara matang sebelum memutuskan eksplorasi.

Semua proses itu butuh investasi yang belum tentu berhasil. Jadi investasi butuh jaminan. Jika tidak, maka sampai 2025 impor minyak mentah aja 2 juta barel per hari.

“Itu dengan catatan kalau Pertamina bikin kilang untuk nyerap minyak mentah. Kalau enggak bikin, impor produk jadi harganya lebih mahal,” ujarnya, Selasa (16/5/2017).

Selain minyak, gas pun dibutuhkan cukup banyak seiring berjalannya program 35.000 megawatt (mw). Otomatis kebutuhan gas di dalam negeri meningkat tapi keterseidan gas hanya 5.000 mmscfd. Oleh karena itu, dibutuhkan investasi yang kondusif di dalam negeri supaya mendorong invetasi nantinya.

“Untuk investasi yang ada dan mau dieksekusi aja masih bermasalah pada perizinan birokrasi yang terhambat. Jadi ini yang harus dibenahi,” tandasnya. (sbc-03/okz)




Tinggalkan Balasan