Search
Rabu 18 Oktober 2017
  • :
  • :

Soal Bangunan, Dewan Ngaku Terus Ingatkan SKPD

Starberita – Medan, Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan “gerah” melihat kondisi bangunan di Kota Medan. Pasalnya, kendati Perda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) sudah dimiliki, namun masih saja “berjamur” bangunan bermasalah di kota terbesar ketiga di Indonesia ini.

Ketua Komisi D DPRD Kota Medan, Sahat Simbolon ST, mengaku selaku lembaga pengawas, pihaknya tidak bosan-bosannya selalu mengingatkan Dinas Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKPPR) dan Satpol PP agar melakukan pengawasan dan penindakan bangunan melanggar izin.

“Termasuk juga masalah tower. Kita selalu ingatkan dinas terkait agar tetap menindak bangunan menyalah,” kata Sahat Simbolon kepada wartawan di DPRD Kota Medan, Selasa (16/5/2017).

Menurut Sahat, maraknya bangunan bermasalah dan tanpa izin dalam satu tahun terakhir ini, bukan hanya berdampak buruk terhadap pembangunan karena merusak estetika kota, tetapi juga berimbas kepada terjadinya kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi izin bangunan.

Sejak peralihan penertiban bangunan bermasalah dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKPPR) ke Satpol PP selku penegak Perda bersadarkan Susunan Organisasi Tata Kelola¬† (SOTK), hingga saat ini belum terlihat penertiban bangunan bermasalah. “Kedua dinas itu kita lihat gamang menjalan tufoksinya masing-masing,” ujar Sekretaris Fraksi Gerindra ini.

Menurut Sahat, Satpol PP lemah melakukan penindakan dan terkesan ada pembiaran terhadap bangunan bermasalah. “Jangan-jangan antara Satpol PP dengan Dinas PKPPR tidak ada koordinasi, sehingga bangunan melanggar izin terus bertambah,” tudingnya.

Diketahui, dari agenda Komisi D yang didapat wartawan terlihat pengaduan yang masuk didominasi persoalan bangunan bermasalah mulai dari tanpa iziin hingga melanggar izin yang dikeluarkan, seperti bangunan di Jalan Bahagia, Jalan Puskesmas/Pendidikan, Jalan Bromo Lorong Sentosa, Jalan Abdul Sani Mutahlib, Pembangunan SPBU di Jalan Brigjen Katamso, Bangunan Jalan Punak, Jalan Pemuda dan Jalan Pukat/Mestika. (sbc-02)




Tinggalkan Balasan