Search
Selasa 30 Mei 2017
  • :
  • :

Simpan Telur di Pintu Kulkas, Keliru

Starberita – Jakarta, Banyak perdebatan tentang cara menyimpan telur yang benar di lemari es. Setiap pendapat memiliki argumentasi masing-masing dan cukup kuat.
Para ahli mengatakan cara terbaik meletakkan telur di lemari pendingan adalah di dalam kotak di rak tengah, seperti dikutip dari laman Good Housekeeping. Menyimpan telur di dalam kotak di rak tengah bertujuan mencegah perubahan suhu dan kontaminasi.

Adapun menurut British Egg Information Service, telur harus disimpan dalam kotak pada suhu yang konsisten di bawah 20 derajat celcius. Menurut Chef Jamie Oliver dan Nigella Lawson, menjaga telur dalam suhu yang tetap akan membuatnya lebih tahan lama dan menjaga kualitasnya.

Menurut kedua chef ini, pintu lemari es adalah tempat rentan akan fluktuasi suhu. Selain itu, telur juga mensti dijauhkan dari makanan yang berbau menyengat karena telur mudah menyerap bau. Dan, jangan terlalu sering mengubah suhu lemari es.

Dua ahli dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Bristol, Rosamund Baird dan Janet Corry, sepakat menyimpan telur di kulkasadalah cara teraman untuk mengatasi risiko salmonella. Sebab, suhu dingin dapat mencegah bakteri ini berkembang biak.

Chef Jamie Oliver dan Nigella Lawson memberi saran bagi mereka yang ingin mengolah telur yang baru keluar dari lemari es. Supaya hasil akhir olahan telur bagus dan segar, biarkan telur beberapa saat atau sampai sesuai suhu ruang, sebelum dimasak.

Sementara itu kritikus restoran dari Financial Times, Tim Hayward, berpendapat telur semestinya disimpan di meja dapur. “Telur segar dapat bertahan pada suhu ruang selama seminggu,” ujarnya.
Sama seperti Chef Jamie Oliver dan Nigella Lawson, Hayward berpendapat rak pada pintu kulkas adalah tempat terburuk untuk menyimpan telur. “Gerakan yang konstan dapat menipiskan kulit dan membuat aroma makanan lain bisa menembus cangkangnya,” ujarnya. (sbc-02/tem)

 

 




Tinggalkan Balasan