Search
Selasa 30 Mei 2017
  • :
  • :

Kurangi Resiko Penyakit Jantung & Hipertensi dengan Jus Bit

Starberita – Jakarta, Bit mungkin bukan makanan populer, tapi manfaat kesehatan yang menakjubkan menjadikannya salah satu asupan sehat.

Sebuah penelitian mengatakan, minum jus buah bit secara teratur memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Periset di University of Guelph, Kanada, menemukan, diet nitrat, senyawa dalam buah bit dapat melebarkan pembuluh darah untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, hal ini dapat mengurangi overstimulasi sistem saraf simpatik yang terjadi dengan penyakit jantung.

Aktivasi sistem saraf simpatis meliputi peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, serta penyempitan pembuluh darah. Aktivitas saraf simpatis juga meningkat dengan beberapa bentuk penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi dan gagal jantung. 20 relawan dewasa muda berpartisipasi dalam 2 kunjungan pengujian terpisah, dimana mereka secara random mengonsumsi suplemen nitrat atau plasebo.

Pada kedua kunjungan tersebut, peneliti mencatat tekanan darah, denyut jantung, dan aktivitas saraf simpatis otot (MSNA) dan aktivitas otot yang diukur saat istirahat, serta selama latihan handgrip dengan tangan peserta yang tidak dominan.

Pengukuran dicatat pada awal kunjungan, dan sekali lagi setelah para sukarelawan minum jus bit dan beristirahat selama 3 jam. Tingkat lonjakan MSNA, yang menunjukikan frekuensi aktivitas saraf, lebih rendah saat para relawan minum jus bit dibandingkan saat minum plasebo. Aktivitas saraf simpatik juga menurun saat berolahraga.

“Anehnya, tidak ada perbedaan tekanan darah yang terdeteksi saat istirahat atau saat berolahraga. Hasil ini memberikan bukti konsep bahwa suplementasi diet nitrat dapat memodulasi arus keluar simpatik sentral dan menyarankan agar manfaat kardiovaskular dari diet cenderung melibatkan kontribusi saraf,” ungkap periset yang dikutip Zeenews, Senin (15/5/2017). (sbc-02/okz)




Tinggalkan Balasan