Search
Minggu 22 Oktober 2017
  • :
  • :

Warga Desa Krueng Baro & Krueng Tiro Keluhkan Perdu Bambu

Starberita – Sigli, Warga desa yang berada disepanjang Daerah Aluran Sungai (DAS) Krueng Baro dan Krueng Tiro, Kabupaten Pidie, menuntut agar pemerintah setempat segera membersihkan perdu bambu dan rerimbunan pohon lain yang masih banyak ‘menghiasi’ sungai, sehingga menghambat arus air.

Pemandangan yang merupakan tanggungjawab Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (SDA), dapat dilihat dengan kasat mata disepanjang DAS dari dua sungai yang rawan banjir. Namij, sejauh ini tidak ada upaya apapun dari dinas terkait tersebut.

Dikawasan Desa Gampong Baro, Kecamatan Pidie, rerimbunan perdu dari pohon bambu ini sudah membuat terbelahnya arus sungai, sehingga, mengamcam bangunan Meunasah (Masjid) desa setempat.

Abdullah dan Muslim kepada andalas, Ahad petang kemarin menyebutkan, persoalan masih cukup banyak perdu bambu yang berdiri kpkoh ditengah sungai sangat membahayakan tebing sungai dan badan jalan kabupatrn di dua desa, yakni Desa Gampong Baro dan Desa Tanjong Krueng.

Dibuktikan keduanya, badan jalan di depan Meunasah Gampong Baro, kini mulao retak berat dan miring alias amblas akibat grrusan air yang terbelah akibat perdu bambu masih utuh berdiri di tengah-tengah sungai.

“Warga Desa Gampong Baro sangat berharap pihak PU SDA Pidie mencari solusi terbaik, agar membuang rerimbunan pohon bbu tersebut serta membangun (mengecor) tebing sungai yang runtuh digerus banjir,” sebut Abdullah.

Sementara, pantauan wartawan, dilokasi DAS Sungai Tiro dan Sungai Keumala, rerimbunan perdu bambu masih cukup banyak menghiasi sungai, sehingga membuat arus air sungai terpecah dan menghantam tebing sungai.

Di sisi lain, pengambilan galuan C secara srrampangan dan memydahkan perusahaan yang mengambinya juga sangat berdampak terjadinya banjir luapan sungai di Kabupaten Pidie  Kondisi ini, juga kurang diperhatikan pihak pemerintah setempat, sebagaimaba dipaparkan banyak tokoh nasyarakat Desa Tanjong, Desa Beureeh, Desa Langkawe, Kecamatan Kembang Tanjong. (sbc-03/ach)




Tinggalkan Balasan