Search
Rabu 18 Oktober 2017
  • :
  • :

Pengangguran & Kemiskinan Masih Jadi Masalah

Starberita – Medan, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri menyebut ada tiga persoalan mendasar yang masih dihadapi Indonesia hingga saat ini. Masalah tersebut merupakan masalah klasik yang belum mampu diselesaikan oleh pemerintah.

“Ada dua fenomena besar yang dihadapi RI, pertama terkait tiga problem dasar yang kita hadapi sebagai bangsa yaitu ketimpangan, kemiskinan, dan pengangguran,” katanya di Jakarta, Senin (15/5/2017).

Meski belum sesuai dengan harapan pemerintah, Hanif menyatakan, apa yang sudah diupayakan oleh pemerintah saat ini perlahan sudah menunjukkan hasil yang positif dalam meminimalkan persoalan tersebut.

“Alhamdulillah sekarang kalau kita lihat statistik, data kemiskinan, ketimpangan, dan pengangguran menurun. Walaupun belum sesuai dengan yang kita harapkan,” jelasnya.

Hanif juga menjabarkan, angka kemiskinan, ketimpangan dan pengangguran sudah mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

“Kemiskinan dari sekitar 11,1 persen turun menjadi 10,7 persen. Ketimpangan yang bisa kita lihat gini rasio dari 0,41persen jadi 0,39 persen. Pengangguran Agustus 2016 6,18 persen, sekarang Februari turun ke 5,2 persen,” ujar Menaker.

Mengacu data tersebut, dirinya mengatakan bahwa hal itu memberikan optimisme bahwa apa yang telah diupayakan sejauh ini sudah memberikan hasil yang cukup baik. Menurutnya, pemerintah pun terus berusaha menurunkan angka tersebut.

“Sekarang ini pemerintah terus bekerja memastikan angka bisa terus kita turunkan dan kesejahteraan masyarakat meningkat. Itu fenomena pertama yang jadi tantangan tapi sudah ada sedikit perubahan sehingga pantas kita optimis,” tandasnya. (sbc-03/okz)




Tinggalkan Balasan