Search
Minggu 22 Oktober 2017
  • :
  • :

Maag, Ini Daftar Makanan yang Dilarang

Starberita – Jakarta, Penyakit maag bisa kambuh secara tiba-tiba dan dapat memburuk dari waktu ke waktu. Adakalanya, penderita sakit maag harus mengikuti pantangan dari sakit maag. Artinya Anda harus memilah jenis-jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

Selain dari mengobati sakit maag, Anda juga harus mengubah gaya hidup serta pola makan sedemikian rupa agar bisa kurangi inflamasi atau peradangan dan meringankan ketidaknyamanan yang dimunculkan. Berikut ini adalah daftar pantangan makanan penyakit maag yang harus anda hindari atau setidaknya batasi.

·         Makanan berlemak

Makanan kaya akan lemak bisa meningkatkan peradangan di selaput lambung. Maka hindari makanan yang digoreng kering seperti seafood goreng tepung, ayam goreng tepung, onion ring, dll.Buang makanan yang mengandung asam lemak trans dari daftar menu makan Anda.

Selain mampu melukai selaput lambung sensitif, makanan ini juga bisa meningkatkan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan menyebabkan penyakit jantung dan kelebihan berat badan. Biasanya, Asam lemak trans ada di dalam donat, kue, dan biskuit yang dipanggang. Makanan olahan kerap kali mempunyai asam lemak trans berlebih jika dibandingkan makanan segar. Dan margarin adalah sumber asam lemak trans berkadar tinggi.

·         Makanan olahan

Para dokter di University of Maryland Medical Center menyarankan agar pasien dengan maag (gastritis) menjauhi makanan olahan yang mengandung gula (selain asam lemak trans). Contoh jenis makanan olahan yang bisa mengiritasi selaput lambung adalah mie, roti putih, dan pasta.

·         Cabai

Makanan pedas seperti cabai rawit, saus dan mustard bisa memperburuk gejala sakit maag. Selain itu, kenaikan asam lambung atau refluks yang disebabkan karena mengonsumsi makanan pedas mampu menjadi penyebab sakit maag. Selaput lambung yang telah rusak karena maag akan terus terasa nyeri jika terkena makanan pedas.

·         Sayur mentah

Hindari pengonsumsian sayuran mentah, terutama bagi Anda yang menderita sakit maag kronis. Makanan yang dikonsumsi haruslah makanan yang mudah untuk dicerna. Sayuran yang telah dimasak dan dipotong kecil-kecil akan memudahkan tubuh untuk mencernanya sehingga menghambat terjadinya iritasi pada lapisan lambung.

Walau mengikuti pantangan penyakit maag, bukan berarti Anda harus membatasi pilihan makanan. Anda tetap boleh mengkonsumsi varian makanan. Namun. pilihlah makanan sehat seperti daging tanpa lemak, gandum utuh, sayuran masak, buah-buahan segar dan produk susu bebas lemak. Jika perlu, ganti nasi putih menjadi nasi merah atau hitam yang lebih bernutrisi.

Jika Anda sudah tekun mengikuti pantangan penyakit maag tapi tetap saja rasa sakit maag kambuh, mungkin Anda memerlukan penanganan yang lebih serius. Kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan pengobatan dengan herbal. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan