Search
Senin 29 Mei 2017
  • :
  • :

Jahe, Khasiatnya dari Pencernaan Hingga Urusan Ranjang

Starberita – Jakarta, Sejak jaman dahulu kala, jahe sudah dikenal sebagai ramuan dalam pengobatan dan kesehatan. Bahkan dalam perawatan kesehatan kuno (Ayurveda) sendiri memberikan status kepada jahe sebagai obat dada virtual. Itu karena bumbu ajaib ini memiliki sifat pencernaan yang teruji, serta tambahan berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Di India, jahe sering digunakan secara bebas dalam kehidupan sehari-hari. Chai jahe berduri adalah favorit rumah tangga, dan itu adalah pilihan obat penawar nenek untuk melawan demam dan flu.

Pada jutaan meja makan di India, Anda akan melihat jahe segar berukuran batang korek api yang telah berubah warna merah muda yang lembut saat direndam jus lemon dan garam: iringan zingy untuk makan malam favorit di India yaitu dal-chawal.

Di negara kita sendiri, jahe sudah dikenal masyarakat menjadi minuman penghangat tubuh saat musim hujan yang dingin, karena pada dasarnya, jahe jika dikonsumsi memang dapat memberikan efek hangat bagi tubuh. Namun, bukan hanya itu saja manfaat yang dapat diperoleh dari jahe, berikut ini beberapa khasiat jahe yang berperan bagi kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui.

10 Manfaat Jahe

  1. Jahe dapat meningkatkan penyerapan dan asimilasi nutrisi penting dalam tubuh.
  2. Belum merasa lapar? Makanlah jahe segar sesaat sebelum makan siang untuk menyalakan nafsu makan yang membosankan. (Ayurveda merekomendasikan bahwa makan siang harus selalu menjadi makanan utama Anda hari ini, karena inilah saat energi pencernaan Anda alami pada puncaknya).
  3. Apakah Anda sedang merasakan mual? Kunyahlah jahe, akan lebih baik jika dicampur dengan sedikit madu.
  4. Jahe juga dapat membersihkan ‘saluran mikrosirkulasi’ tubuh, termasuk sinus yang cenderung muncul dari waktu ke waktu.
  5. Perut mengerang di bawah kram? Kunyahlah jahe, untuk hasil terbaik, campur sedikit dengan susu hangat sebelum Anda mengunyahnya.
  6. Tidak dapat mengontrol buang angin? Coba tebak, jahe juga bisa membantu mengurangi perut kembung!
  7. Apakah Anda baru saja menjalani proses operasi? Mengunyah jahe pasca operasi bisa membantu mengatasi mual.
  8. Jahe, dengan sifat anti-inflamasi bisa memberi kelegaan saat Anda sakit sendi. Kocok beberapa minyak esensial jahe ke dalam bak mandi Anda untuk membantu otot dan persendian yang sakit.
  9. Bagipasanganyang punya masalah di ranjang (Bedroom blues)? Cobalah tambahkan pukulan dari jahe ke semangkuk sup. Perlu diketahui bahwa Ayurveda juga telah memuji jahe untuk sifatAphrodisiac-nya. Anda akan menemukan tambahan gairah seksual bersama pasangan Anda.
  10. Buatlah teh jahe untuk menghilangkan masalah pada tenggorokan dan hidung. Kehangatannya akan memberikan manfaat yang luar biasa. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan