Search
Jumat 28 Juli 2017
  • :
  • :

Disdukcapil Aceh Selatan Terima 6 Ribu Blangko e-KTP

Starberita – Tapaktuan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Kabupaten Aceh Selatan akan memprioritaskan pencetakan KTP elektronik untuk data yang statusnya PRR (Print Ready Record).

“Jumlah blangko e-KTP yang diterima dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hanya 6.000 keping, sedangkan jumlah pemohon e-KTP yang sudah PRR mencapai 8.000 jiwa,” katanya, Kepala Disdukcapil Aceh Selatan Lahmuddin, kemarin.

Menurut Lahmuddin, jumlah tersebut belum termasuk pemohon e-KTP yang ganti status karena rusak dan lainnya yang masih diberikan surat keterangan pengganti e-KTP, sebab khusus PRR saja masih kurang sekitar 2000 keping. Sedangkan untuk sisanya akan dilakukan bertahap sesuai ketersediaan blangko dari Kemendagri

Pihaknya sangat berharap, Kementerian Dalam Negeri segera menyelesaikan pengadaan blangko KTP elektronik, sehingga kebutuhan kekurangan material di masing-masing daerah segera teratasi. Informasi yanga diperoleh sementara kekurangan tersebut di perkirakan dapat dipenuhi bulan Juli mendatang

“Nanti apabila blangko sudah tersedia semua, maka pemegang suket bisa menukarkan dengan e-KTP yang baru, kami mohon kesabarannya,” imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa e-KTP yang ada ‘habis masa berlakunya yang dicetak sebelum tahun 2013, tak perlu diaktivasi atau diperpanjang lagi. Mengacu pada Pasal 101 huruf c UU nomor 24 tahun 2013 tentang Adminduk, e-KTP yang diterbitkan sebelum 2013 pun ditetapkan berlaku seumur hidup.

“Sesuai pasal 101 huruf c, UU 24/2013 tentang Adminduk, menegaskan bahwa e-KTP yang sudah diterbitkan sebelum undang-undang ini ditetapkan berlaku seumur hidup,” terangnya. Jadi, meskipun e-KTP sudah melewati masa berlaku, tidak perlu lagi dilakukan aktivasi.

Dia mengakui meskipun selebaran tentang itu sudah disebarkan ke kecamatan, kantor-kantor dan desa, namun masih ada masyarakat yang menanyakan hal itu pada dinas. Tetapi setelah diberi penjelasan mereka menjadi faham. (sbc-03/ach).




Tinggalkan Balasan