Search
Selasa 30 Mei 2017
  • :
  • :

Dewan Apresiasi Tim P4SU Pemko

Starberita – Medan, Pemerintah Kota Medan pada tahun 2017 ini menjadikan bidang infrastruktur, baik jalan maupun drainase sebagai salah satu program prioritas. Bukti kesriusan Pemko Medan itu diaplikasikan dengan membentuk tim Petugas Pelaksana Pemeliharaan Prasarana dan Sarana Umum (P4SU), yang bertugas membersihkan saluran air (parit) di wilayah Kota Medan.

Pembentukan tim P4SU itu mendapat apresiasi dari kalangan anggota DPRD Kota Medan. “Pembentukan tim P4SU ini merupakan bukti konkrit Pemko Medan mengatasi problem masyarakat,” kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Medan, Drs H Hendra DS kepada wartawan di DPRD Kota Medan, Senin (15/5/2017).

Wakil Ketua Fraksi Hanura ini menilai, tujuan dibentuk tim agar air berjalan lancar dan tidak lagi melimpah ke badan jalan, bahkan ke rumah masyarakat. “Upaya ini sangat kita apresiasi. Itu merupakan langkah konkrit Pemko dalam menjawab keluhan masyarakat tentang genangan air yang terjadi selama ini,”  kata Hendra DS.

Hendra mengharapkan, Kepala Lingkungan (Kepling) untuk mengakomodir masyarakatnya tetap menjaga lingkungan, guna menindaklanjuti kerja tim P4SU. “Jangan nanti, tim sudah bekerja membersihkan saluran drainase, eh…enak-enaknya masyarakat membuang sampah ke saluran itu. Ini juga tidak betul, makanya Kepling harus mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Intinya, Kepling harus menjadi pioner merawat dan membersihkan lingkungan,” ungkap Hendra.=

Anggota DPRD lain, Jumadi, mengapresiasi program Pemko Medan dlam hal membersihkan kuburan dan pemasangan lampu penerangan jalan di areal kuburan dan lingkungan. “Ini sangat baik, terutama bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan,” kata Jumadi.

Jumadi menyebutkan, ziarah kubur saat menyambut bulan Ramadhan, merupakan tradisi yang terus hidup di masyarakat. Karenanya, instruksi wali kota kepada jajarannya untuk membersihkan kuburan, dinilai sangat positif.

Begitu juga halnya dengan pemasangan lampu penerangan jalan di lingkungan yang saat ini banyak yang sudah padam. ‘’Lingkungan yang terang akan membuat masyarakat nyaman beribadah. Paling tidak saat mereka berangkat dan pulang dari shalat tarawih,’’ kata Jumadi.

Sedangkan, Landen Marbun, menambahkan Dinas Pertamanan dan Kebersihan harus segera merespon instruksi wali kota untuk membersihkan kuburan dan pemasangan lampu jalan. Terlebih lampu jalan, menurutnya merupakan hal paling penting bagi masyarakat di bulan Ramadhan.

“Lingkungan dan areal kuburan harus terang. Tujuannya untuk mencegah orang berbuat jahat. Juga Pemko harus membangun pos-pos di titik-titik rawan di lingkungan. Dengan begitu masyarakat akan nyaman dalam menjalankan ibadahnya,” sebut Landen.

Diketahui, Pemko Medan membentuk Tim P4SU. Tim terdiri dari lima orang di tiap kelurahan yang bertugas memberishkan saluran air. (sbc-02)




Tinggalkan Balasan