Search
Jumat 29 Mei 2020
  • :
  • :

2.400 Anak Usia Dini di Medan Dapat Tambahan Makanan Bergizi

Starberita – Medan, Sebanyak 2.400 anak  usia dini dari 4 kecamatan mendapatkan makanan tambahan bergiz dari Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak – Kanak Indonesia (GOPTKI) Kota Medan. Dengan pemberian makanan tambahan ini, diharapkan dapat menjadi contoh bagi para orang tua untuk membuat makanan tambahan yang bergizi untuk anak-anaknya  sehingga menjadi lebih sehat dan berprestasi.

Pemberian makanan tambahan bergizi ini diserahkan langsung Wakil Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi, bersama  Ketua TP PKK yang juga Bunda PAUD Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin dan Ketua DPC GOPTKI Kota Medan, Ny Nurul Khairani Akhyar di halaman Kantor Camat Medan Labuhan, Jumat (12/5/2017).

Anak-anak usia dini tampak gembira sangat menerima makanan tambahan bergizi yang dikemas dalamm tas kertas tersebut. Mereka merupakan peserta didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dari 4 wilayah kecamatan di Medan bagian utara yakni Kecamatan Medan Labuhan, Medan Belawan, Medan Marelan dan Medan Deli.

Menurut Wakil Walikota, pemberian makanan tambahan bergizi kepada anak usia dini ini sangat penting. Untuk itu para orang tua diingatkannya dapat menyisihkan sebagian pendapatan keuangan keluarga, guna memenuhi tambahan makanan bergizi  kepada anaknya masing-masing agar lebih sehat dan berprestasi.

“Pemberian bantuan dari pemerintah ini sifatnya hanya sementara saja, tetapi sesungguhnya setiap keluargalah yang harus berupaya meningkatkan gizi anak-anaknya. Sebab, hal itu sangat  penting untuk mendukung sang anak memperoleh masa kemasan dalam tumbuh kembang mereka,” kata Akhyar.

Atas dasar itulah, Akhyar, berpesan kepada seluruh masyarakat agar lebih cerdas dalam memanfaatkan potensi keuangan keluarga. Artinya, mereka harus mampu memanfaatkan keuangan yang terbatas secara maksimal, karena sebanyak apapun uang yang dimiliki bila digunakan tidak tepat sasaran maka selalu akan merasa kekurangan.

“Ditengah keterbatasan ini kita harus pandai memanfaatkan uang yang kita miliki. Jika selama ini banyak masyarakat yang mengutamakan rokok, maka  mulai saat ini rokok itu harus dikurangi.  Tentunya uang yang selama ini dipergunakan membeli rokok bisa dipergunakan membuat makanan tambahan untuk sang anak. Utamakan membuat makanan tamabaham begizi kepada anak-anak agar mereka mendapatkan gizi yang baik, sehingga kecerdasannya meningkat dan masa depannya lebih baik,”pesan Wakil Walikota.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota  Medan dan Bunda PAUD Kota Medan mengatakan, pemberian makanan bergizi bagi anak usia dini ini sangat penting. Soalnya usia dini merupakan usia emas dalam pertumbuhan kecerdasan dan karakter anak, sehingga memerlukan perhatian seksama dari orang tua, masyarakat dan Pemerintah Kota Medan.

Untuk itulah, jelas Rita, Pemko Medan bekerjasama dengan GOPTKI Kota Medan memprogramkan pemberian makanan tambahan kepada anak-anak PAUD se-Kecamatan Medan Labuhan, Medan Belawan, Medan Marelan dan Medan Deli. Hj Rita yang juga selaku Pembina GOPTKI Kota Medan berharap agar emberian makanan tambahan bergizi ini, dapat menjadi salah satu upaya pemberian asupan gizi terhadap anak sehingga anak akan lebih sehat dan cerdas.

“Saya berharap pemberian makanan tambahan ini dapat menjadi tambahan asupan gizi bagi anak-anak PAUD di Medan bagian utara sehingga mereka nantinya menjadi anak yang sehat, kuat dan menjadi kebanggan bagi kedua orang tua. Apalagi masa depan negara berada di tangan mereka, jadi  kita harus mempersiapkan mereka sebagai pemimpin sehat dan cerdas sejak dini,” ungkap Rita.

Dihadapan para guru PAUD dan para orang tua yang mendampingi anak-anak usia dini, ibu tiga anak itu selanjutnya berpesan agar pemberian makanan tambahan bergizi harus rutin diberikan kepada anak-anak di rumahnya masing-masing. Sebab, pemberian makanan tambahan itu  dapat meningkatkan kualitas konsumsi anak-anak sejak usia dini sebagai bagian dari upaya perbaikan gizi, sehingga dapat mendorong minat dan kemampuan belajar mereka dalam upaya meningkatkan prestasi.

Sebelumnya, Ketua DPC GOPTKI Kota Medan, Ny Nurul Khairani Akhyar, melaporkan tujuan diselenggarakanya kegiatan pemberian makanan tambahan bergizi ini untuk membantu tumbuh kembangnya anak usia dini.Dengan demikian para anak semakin memiliki derajat kesehatan  yang tinggi dan memiliki gizi yang baik.

Dipaparkan, Nurul, pemberian makanan tambahan bergizi ini diberikan kepada 2.400 anak-anak PAUD yang ada di 4 kecamatan, dengan rincian 600 orang anak untuk masing-masing kecamatan. “Kita beraharap pemberian tambahan makanan ini dapat menjadi contoh bagi para orang tua agar selalu memberikan tambahan makanan bergizi bagi anak-anaknya sehingga anak-anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat dan berprestasi ke depannya,” harap Nurul.

Usai pemberian makanan tambahan bergizi ini, Ketua TP PKK dan Bunda PAUD beserta Ketua GOPTKI Kota Medan selanjutnya coba menghibur anak-anak usia dini dengan melantunkan dua lagu berjudul Bunda dan Dodoy Si Dodoy. Kemudian  beberapa anak mengekspresikan lagu tersebut dengan tarian. (sbc-02)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: