Search
Minggu 12 Juli 2020
  • :
  • :

Saham Asia Tergelincir dari Level 2 Tahunan

Starberita – Medan, Pasar saham Asia turun dari level tertinggi dua tahunan mereka, setelah rencana pemangkasan pajak di Amerika, yang sudah lama ditunggu-tunggu, gagal menginspirasi investor. Selain itu, investor juga prospek pertumbuhan global dan kekhawatiran tentang risiko politik di Eropa.

Indeks MSCI yang merupakan indeks terbesar di Asia Pasifik di luar Jepang, turun 0,1 persen setelah mencapai level tertingginya sejak Juni 2015. Sedangkan pasar saham Jepang, Nikkei N225 turun 0,3 persen.

Pasar saham global sempat menguat berkat bantuan putaran pertama pemilihan presiden Prancis, dan juga oleh tanda-tanda pertumbuhan ekonomi global yang solid dalam beberapa bulan terakhir. Sayangnya, rencana pajak Amerika mendorong turunnya imbal hasil AS dan dolar AS.

Pasar saham Amerika Serikat, Wall Street, berakhir turun 0,05 persen dan gagal memperpanjang kenaikan sebelumnya, yang didapat karena pandangan optimistis terhadap laba para emiten. Secara keseluruhan, keuntungan emiten di indeks S&P 500 meningkat 11,8 persen pada kuartal pertama, terbesar sejak 2011.

Investor pun masih melihat Europan Central Bank (ECB) yang dijadwalkan mengadakan pertemuan pada hari Kamis, dengan fokus pada stimulus moneter di bulan-bulan mendatang. Meskipun tidak ada perubahan yang diharapkan, para pembuat kebijakan diharapkan mengirimkan sinyal kecil untuk mengurangi stimulus moneter di Juni. (sbc-03/zone)




Tinggalkan Balasan

error: