Search
Jumat 18 Agustus 2017
  • :
  • :

Pemko Binjai Peringati Hari Kartini 138

Starberita – Binjai, Pemerintah Kota (Pemko) Binjai menggelar peringatan Hari Kartini ke 138 Kota Binjai Tahun 2017 dengan mengusung tema “Dengan semangat Kartini kita tingkatkan kualitas dan kreatifitas perempuan dalam mendukung Binjai Smart City, bertempat di Pendopo Umar Baki, Jalan Veteran, Kecamatan Binjai Kota, Selasa (25/4).

Ketua TP PKK Kota Binjai, Lisa Andriani M Idaham mengatakan perempuan merupakan tokoh sentral yang memiliki peran luar biasa dalam membentuk karakter bangsa. Perempuan harus mampu menjadi sosok pejuang, serta menempatkan diri sebagai pendamping suami dan contoh teladan bagi anak.

“Dengan demikian dapat mengantisipasi pengaruh negatif sehingga anak tumbuh dengan baik, serta akan lahir Kartini masa depan, agar Kota Binjai kedepan semakin berkualitas,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, tema peringatan Hari Kartini tahun ini dikaitkan dengan smart city guna mendukung program Pemerintah dalam menunjang pemberdayaan ekonomi. Wanita harus mampu menjadi motor penggerak dalam mengawal pembangunan.

“Kita semua berharap peringatan Kartini menjadi momentum kebangkitan wanita memberikan yang terbaik bagi kemajuan Binjai, khususnya ikut membantu program Pemko Binjai menjadikan Binjai Smart City. Semoga perjuangan Kartini dapat terus menjadi motivasi bagi kaum perempuan Kota Binjai,” harap Lisa.

Sementara itu walikota Binjai, HM Idaham mengatakan perjuangan Kartini dalam memperjuangkan emansipasi persamaan hak antara kaum pria dan wanita, kini telah nyata dapat dirasakan, terbukti saat ini di Pemko Binjai sebanyak 50 persen Kepala dinas dijabat oleh kaum wanita.

“Perkembangan zaman tidak hanya sebatas hak antara wanita dan pria, namun lebih kepada perkembangan ilmu dan teknologi, persaingan global ekonomi, membuat kaum perempuan Indonesia harus cerdas,” ujar Idaham

“Namun hendaknya wanita tidak melupakan kodratnya sebagai seorang ibu, yang harus membimbing anaknya, sehingga melahirkan generasi muda berkualitas. Terlebih saat ini peredaran narkoba kian marak, peran ibu sangat dibutuhkan. Persamaan gender sudah selesai, sekarang kita harus bekerjasama, bahu-membahu memberantas peredaran narkoba,” sambungnya.

Dikesempatan itu Walikota turut mengajak kepada para pemangku kepentingan, serta seluruh organisasi wanita untuk bersinergi dengan BNNK membuat satu metode, bagaimana cara menjaga keluarga agar terhindar dari narkoba.

Diakhir kegiatan yang di hadiri seluruh Forkopimda kota Binjai tersebut turut dibagikan hadiah kepada para pemenang lomba di Hari Kartini, yaitu lomba pidato dengan tema Kartini, lomba memasak dari bahan dasar bengkoang, lomba wanita Kartini, serta dilakukan pemeriksaan iva gratis kepada seluruh masyarakat Binjai. (sbc-03/drh)




Tinggalkan Balasan