Search
Minggu 23 April 2017
  • :
  • :

Puskesmas Barumun Selatan Gelar Minilokakarya

Starberita – Sibuhuan, Puskesmas Kecamatan Barumun Selatan, Kabupaten Padang Lawas (Palas) mengelar kegiatan Minilokakarya I tahun 2017 untuk puskesmas lintas terkait pengalangan dan penantanganan dukungan pemerintah dan lintas sektor terkait, Kamis (20/4/2017) di Aula Kantor Camat Barumun Selatan.

Peserta pertemuan Minilokakarya Triwulan puskesmas dengan lintas sektor Kecamatan Barumun Selatan. Kegiatan pertemuan mengusung Thema “Akreditasi Puskesmas Paripurna untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan kuat menuju Kecamatan sehat 2020”

Minilokakarya Triwulan ini digelar oleh Puskemas Batang Bulu, Kecamatan Barumun Selatan bertujuan meningkatkan  sektor kegiatan manajemen puskesmas dalam rangka mewujudkan lingkungan yang efektif dan efisien serta untuk mendukung upaya-upaya penyuluhan kesehatan bagi masyarakat di tiap wilayah, terutama wilayah Puskesmas Kecamatan Barumun Selatan  Kamis (20/4/2017).

Selain itu, Lokmin ini juga bertujuan  untuk meningkatkan fungsi Puskesmas melalui penggalangan kerjasama tim baik lintas program maupun lintas sektor serta terlaksananya kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan. Mini lokakarya puskesmas merupakan salah satu bentuk upaya untuk penggalangan dan pemantauan berbagai kegiatan melalui pertemuan

Dalam Lokmin ini banyak pemaparan yang di sampaikan Kepala Puskesmas Batang Bulu dr R Daud Daulay, terkait pelayanan kesehatan bagi masyarakat, antara lain mutu manajemen, siklus manajemen yang berkualitas, survey mawas diri, perbaikan kondisi kesehatan, mandiri kesehatan, strategi jumantik di rumah sendiri, pelayanan home care, tenaga kerja kesehatan yang berkompeten, pelayanan ambulance gratis dan sebagainya.

Menurutnya , dengan adanya minilokakraya  ini masyarakakat dapat memberikan wadah yang baik, umpan balik dari masyarakat untuk masyarakat, terutama semua kebutuhan dan harapan masyarakat terkait masalah pelayanan kesehatan dapat disampaikan melalui kegiatan ini atau sosialisasi pelayanan kesehatan lainnya maka terus adanya penguatan lintas sektor dan dukungan kerja sama pemerintah lintas sector.

Sebelumnya,  Camat Barumun Selatan A Rivai Pane SH mengajak, masyarakat untuk terus memberikan dukungan kerjasama dan keikut sertaan peran semua pihak dengan tujuan utama Puskesmas terakreditasi terwujudnya puskesmas paripurna menuju kecamatan dengan tatanan masyarakat yang sehat 2020 .

Camat meminta, peran serta semua elemen agar terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan baik secara kualitas maupun kuantitas, yakni lintas sektor dari semua lapisan masyarakat sehingga nantinya akan menjadi bahan materi untuk perencanaan agar ke depannya  dapat ditindak lanjuti  pelayanan kesehatan  akan menjadi lebih baik lagi

“Tentu program kesehatan harus dapat menyentuh sasaran secara langsung kepada masyarakat dengan baik pula , demi terwujudnya masyarakat palas yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya  sesuai visi – misi Bupati Palas H Ali Sutan Harahap dan Wakil Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu C Ht dalam mewujudkan kabupaten dan masyarakat yang Sehat jasmani dan rohani,” pungkasnya . (sbc-03/drh)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *