Search
Minggu 19 November 2017
  • :
  • :

Kuku Kaki Tiba-Tiba Menghitam, Kenali Penyebabnya

Starberita – Jakarta, Pernahkah Anda merasa kaget ketika mengetahui kuku kaki menghitam secara tiba-tiba? Karena terletak di bagian bawah, kuku jari kaki termasuk bagian tubuh yang sering luput dari perhatian.

Padahal harusnya kita senantiasa memperhatikan dan merawat seluruh anggota tubuh, agar ketika terjadi perubahan, kita bisa segera mengantisipasinya. Seperti kuku jari kaki yang tiba-tiba menghitam, tahukah Anda jika kondisi tersebut bisa terjadi akibat beberapa hal yang bisa jadi salah satunya merupakan tanda-tanda penyakit berbahaya.

Nah, untuk meningkatkan kewaspadaan, sebaiknya kenali 6 penyebab kuku jari kaki yang tiba-tiba menghitam, berikut ini :

1.    Akibat trauma berulang

Ketika kaki mengalami trauma berkali-kali, maka akan terbentuk gumpalan darah yang secara terus menerus sehingga akan membuat kuku semakin gelap. Trauma kuku biasa terjadi akibat : kuku jari kaki mengalami tekanan yang berulang-ulang.

2.    Infeksi jamur

Infeksi jamur juga bisa menjadi penyebab kuku jari kaki menghitam, rapuh dan rusak. Oleh karena itu, segera waspadai jika mengalami beberapa gejala yang mengarah pada infeksi jamur, seperti gatal-gatal, kulit kaki mengelupas dan lainnya.

3.    Gangguan paru-paru

Kuku jari kaki yang kusam dan menghitam juga bisa menjadi pertanda adanya gangguan paru-paru. Hal ini umumnya menimpa sesorang per0k0k kronis, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menghentikan kebiasaan buruknya agar tubuh lebih sehat.

4.    Benturan keras

Kuku jari kaki menghitam juga bisa disebabkan adanya benturan keras pada jari kaki sehingga lempeng pembuluh darah dibawah kuku menjadi rusak, yang berakibat kuku menjadi kemerahan, memar dan kemudian menghitam. Benturan keras dapat mengakibatkan suplai darah ke kuku terputus sehingga kuku Anda tidak bisa tumbuh lagi atau lepas.

5.    Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon juga bisa mengakibatkan perubahan pada warna kulit menjadi lebih gelap, termasuk salah satunya di jari kaki.

6.    Kanker kulit

Menghitamnya kuku jari kaki juga wajib diwaspadai karena bisa jadi merupakan tanda gejala kanker. Adapun tandanya adalah munculnya warna hitam mirip pulau di bawah kuku atau yang disebut melanoma.

Jika mengalami kuku jari kaki menghitam, pastikan Anda tidak mengabaikannya. Teliti apa yang menjadi penyebabnya, dan segera periksakan ke dokter kulit jika merasa ada tanda-tanda yang tidak wajar. Semoga bermanfaat!. (sbc-02/vnc)




Tinggalkan Balasan