Search
Sabtu 23 September 2017
  • :
  • :

Ke Samosir, Ini 5 Objek Wisata yang Harus Anda Kunjungi

Starberita – Samosir, Jika Anda melakukan perjalanan ke Sumatera Utara, jangan melewatkan untuk mengunjungi Tempat wisata di Kabupaten Samosir. Kabupaten ini merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Utara dan saat ini sudah mulai banyak di kenal di kalangan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara karena keindahan dan daya tarik wisatanya, terutama untuk wisata budaya khas batak dan daya tarik panorama Danau Toba.

Anda tahu Danau Toba saat ini termasuk sebagai satu dari dari sekian Kawasan Strategis Nasional Pariwisata, Wonderful Indonesia, Jadi, Sangat rugi sekali jika sudah berada di Sumatera utara anda tidak mengunjung tempat wisata yang ada di Kabupaten Samosir.

Wisata di Samosir bukan hanya berbicara tentang alam dan budaya saja, namun berbagai peninggalan bersejarah dapat juga anda temukan disini. Berikut disajikan Tempat wisata di Kabupaten Samosir Yang dapat anda Kunjung.

  1. Pemandian Air Panas Rianiate. 

Pemandian Air Panas (Hot Spring) salah satu obyek wisata yang ada di Kabupaten Samosir. Obyek wisata ini memang belum banyak dikenal wisatawan terutama yang berada di Luar Samosir, sehingga sampai dengan saat ini pengunjung yang datang ke objek wisata pemandian air panas ini tidak banyak yang dari luar Samosir. Air panasnya pemandian yang ada di daerah ini berasal dari gunung di sekitarnya kawasan tersebut, sehingga tempat ini memiliki kesan alami.

Lokasi dari hot spring terletak sangat sestrategis, karena tepat berada di bawah kaki Gunung Pussuk Buhit yang merupakan puncak tertinggi dari Gunung Toba tepatnya di alamat Rianiate, Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.Bagi yang suka petualangan di alam bebas penuh tantangan tempat ini sangat cocok sekali, karena untuk akses menuju lokasi Pemandian air panas ini Anda harus melewati banyak sekali medan pegunungan curam di daerah ini.

Namun Jangan kuatir perjalanan anda yang melelahkan akan terbayar ketika sampai di objek wisata ini dengan semua fasilitas yang akan Anda dapatkan di daerah tersebut.Berwisata di tempat ini. Selain mandi untuk menyegarkan badan dengan berendam di air panas juga dapat sebagai sarana pengobatan dan terapi yang terbukti dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit.

  1. Pantai Pasir Putih Parbaba.

Seperti yang kita ketahui jika mengunjungi objek wisata pantai, pasti sudah terbayang akan udaranya yang segar dengan deburan suara ombak yang bergulung di tepian pandai dengan hamparan pasir. Begitu juga saat Anda berwisata di kabupaten Samosir ada sebuah pantai yang memawarkan keindahan salah satunya adalah Pantai Pasir Putih Parbaba.

Pantai ini memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan dan ini merupakan ciri khas dari alam danau Toba, karena lokasinya memang tidak jauh dari objek wisata Danau Toba,Tepatnya Pantai Pasir Putih Parbaba berada di Desa Hutabolon, Kecamatan Panguruan, Kabupaten Samosir Sumatera Utara.

Dengan ombak yang tidak begitu besar membuat pantai Pasir putih Parbaba menjadi tempat asyik untuk tujuan wisata keluarga. Selain itu Anda juga bisa menikmati pantai ini Sembari berjemur dibawah sinar mentari khas daerah pegunungan yang menyegarkan.

Akses jalan menuju objek wisata pantai pasir Putih Parbaba ini sudah aspal dan mulus, sehingga sangat memudahkan wisatawan untuk liburan menggunakan kedaraan menuju pasir putih parbaba. Selain kegiatan diatas mengunjungi wisata pantai pasir Putih Parbaba ini juga sudah tersedia beberapa fasilitas pendukung untuk wisatawan.

Beberapa fasilitas tersebut diantaranya seperti: fasilitas penginapan yang nyaman, fasilitas berupa restoran, dan juga beberapa jenis arena permainan yang sanga seru seperti: perahu kayuh, banana boat, sampai/perahu, bermain voly pantai.

  1. Melihat Tempat Peninggalan Sejarah  Bangunan Batu Kursi Raja Siallagan.

Berwisata di Samosir jangan lupa untuk mengunjungi wisata sejarah Batu Kursi Raja Siallagan Samosir atau Batu Persidangan yang merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Samosir. Ini salah satu bukti sejarah tentang adanya persidangan sekaligus pemberian eksekusi hukuman di Pulau Samosir pada zaman dulu.

Tempat ini sampai sekarang masih berdiri kokoh disebuah Perkampungan yang pembangunannya menggunakan batu-batu besar disusun bertingkat seperti tembok besar. Lokasi wisata ini berada di Huta Siallagan Desa Ambaruta, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Indonesia.

Saat berada disini pasti anda akan takjud dengan pemandangan yang tak biasa dengan zaman yang belum semodern seperti sekarang, namun sudah ada bagunan-bangunan yang terbuat dari batu-batu besar tersebut.

yang menjadi dayatarik dari tempat wisata samosir ini dengan adanya bagunan  berupa batu persidangan yang digunakan pada zaman dahulu sebagai tempat untuk mengadili. Ada dua batu persidangan yang memiliki fungsi berbeda dan letaknya yang berbeda pula.

Walaupun tempat batu persidangan atau dikenal dengan Batu Kursi Raja Siallagan ini beda beda namun lokasinya tidak terlalu berjauhan yang akan mudah anda jangkau sekaligus saat mengunjungi wisata ini. Perkampungan tua yang kokoh itulah pertama kali yang akan anda pikirkan saat berada di wisata Batu Persidangan Samosir.

  1. Melihat Sejarah Budaya Orang Batak di Museum Huta Bolon Simanindo.

Mengunjungi wisata yang dikenal dengan “seribu manikam Danau Toba” ini terkenal akan kekentalan budaya tradisionalnya terutama budaya Batak. Banyak hal menarik yang bisa anda jumpai ditempat ini mulai dari patung sigale-gale, ada rumah adat tua, tarian tradisional, alat musik tradisional dan lainnya.

Salah satu peninggalan budayanya yang sangat terkenal adalah Huta Bolon yang merupakan rumah adat warisan dari Raja Sidauruk.Seiring dengan perkembangan pariwisata yang ada di kabupaten Samosir Huta Bolon sejak 1969 bangunan ini dijadikan sebagai museum dan dibuka untuk umum.

Museum Yang mempunyai nilai sejarah ini bagunannnya terdiri atas beberapa rumah adat dengan Huta Bolon Simanindo sebagai pusatnya.Lokasi wisata Huta Bolonini berada di Desa Simanindo,sebuah desa di pulau samosir, Sumatera Utara.

Mengunjungi museum Huta Bolon anda akan melihat banyak koleksi peninggalan sejarah berupa peninggalan leluhur orang Batak Toba dari Samosirseperti: atas parhalaan, pustaha laklak, tunggal panaluan, dan solu bolon, Dengan anda membayar tiket Masuk (karcis) sebesar karcis 30.000 anda sudah bisa menikmati peninggalan masa sejarah zaman dulu tersebut.

  1. Kebun Raya Samosir.

Kabupaten Samosir merupakan bagian dari Pulau Sumatera yang kaya akan spesies tumbuhan Jika Anda ingin menikmati keindahan flora pegunungan Sumut diatas kaldera terbesar di dunia, kawasan Kebun Raya Samosir akan menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang menyukai pesona alam yang Indah.

Kawasan dengan luas sekitar 100 ha ini mempunyai eksotika tersendiri di tengah hawa sejuk khas dataran tinggi yang berhembus di sekitar Danau Toba, karena jarak memang tidak jauh dari lokasi ke tepi Danau Toba hanya sekitar 200-300 m, dengan perbedaan ketinggian kurang dari 200 m.

Untuk saat ini akses kelokasi dapat Anda tempuh melalui perjalanan menggunakan transportasi umum antar kota yang sudah tersedia melalui jalan propinsi. Atau bisa juga melaui jalan lingkar dalam Samosir dengan jarak 2,7 Km ke Dermaga Ferry Tomok arah selatan.

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui lahan persawahan penduduk sejauh kurang lebih 500 meter. atau membutuhkan waktu perjalanan sekitar 10 menit. (sbc-03/vnc)

 

 




Tinggalkan Balasan