Search
Rabu 22 November 2017
  • :
  • :

65% Perempuan di Indonesia Tak Lulus SMP

Starberita – Jawa Tengah, Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, memperingati Hari Kartini dengan berziarah ke makam RA Kartini di Rembang, Jawa Tengah, Jumat (21/4/2017).

 

Khofifah mengaku, prihatin dengan dengan kondisi perempuan Indonesia yang belum mendapatkan pendidikan maksimal. Menurutnya, masih ada 65 persen perempuan Indonesia yang tak lulus pendidikan sekolah menengah pertama.

 

Persoalan inji yang berpengaruh terhadap perlakuan yang tak setimpal saat masuk di dunia kerja. Salah satu upaya pemerintah dalam masalah ini dengan melakukan akselarasi di pedesaan serta daerah perbatasan.

 

“Jadi kita memang harus melakukan akselarasi untuk menyapa perempuan di pedesaan, pegunungan dan perbatasan serta pulau kecil,” kata Khofifah.

 

Dia memberikan semangat agar perempuan Indonesia bisa bangkit demi mengejar kesejahteraan. Perempuan harus setara dengan pria.

 

“Ayo perempuan Indonesia bangkit. Kita punya kesempatan yang sama untuk meraih kemenangan dan kesejahteraan, ” tuturnya.

 

Khofifah berharap, momentum Hari Kartini bisa menjadi kebangkitan perempuan. Sebab, Kartini dalam perjuangannya menuntut agar perempuan diberi hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

 

“Filsafat keagamaan dan kebhinekaan Kartini sangat dalam sekali. Saya bisa memahami hal ini karena dia juga santri dari kyai Soleh Darat guru Pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy’ary dan juga guru pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan,” ujarnya. (sbc-03/vnc)




Tinggalkan Balasan