Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Ancaman Narkoba & Penularan HIV-AIDS Terus Meningkat
Search
Selasa 24 September 2019
  • :
  • :

Ancaman Narkoba & Penularan HIV-AIDS Terus Meningkat

Starberita – Kabanjahe, Jumlah penyalahgunaan narkoba tahun 2015 sejumlah 2.8 persen atau sama dengan 5.6 juta jiwa dari populasi penduduk Indonesia.

Hal ini menunjukkan pertambahan jumlah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba semakin meningkat setiap tahun, walaupun angka prevalensi tahun 2015 ada penurunan sekitar 0.6 persen dari tahun sebelumnya. Karena itu, kegiatan pencegahan yang dilaksanakan Kepolisian, BNN dan seluruh elemen masyarakat termasuk Gereja harus semakin optimal dilaksanakan.

Salah satu kegiatan pencegahan yang sudah dilakukan yang dirangkaikan bersamaan dengan perayaan Paskah adalah sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba dan bahaya penularan HIV-AIDS di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pematang Siantar, Sabtu (15/4).

Kegiatan tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Badan Pengurus (BP). Gereja GBKP Klasis Pematang Siantar, Permata GBKP dan Pengurus KAKR Klasis Pematang Siantar.

Kegiatan diawali dengan kebaktan singkat yang disampaikan oleh Pdt. Jekson Barus, STh dan diteruskan dengan penyampaian informasi bahaya penyalahgunaan narkoba dan bahaya penularan HIV-AIDS oleh Pdt. Monalisa Ginting dan Tuah Bastari Barus dari Komisi HIV-AIDS & NAPZA GBKP, serta diakhiri dengan makan bersama.

Sementara itu, pada kesempatan lain seusai kegiatan tersebut, Pdt. Monalisa Ginting menjelaskan bahwa Komisi HIV-AIDS dan NAPZA GBKP akan semakin fokus dalam berbagai upaya pencegahan melalui sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba dan bahaya penularan HIV-AIDS khususnya bagi generasi muda bangsa.

“Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun ini adalah membentuk komunitas anti narkoba di sembilan sekolah SMP dan SMA dibeberapa wilayah yang rawan narkoba di Kabupaten Karo,” ujarnya.

Kegiatan ini akan dimulai dengan melaksanakan pembekalan bagi 10 orang siswa terbaik dari setiap sekolah, sehingga mereka mempunyai kemampuan menyampaikannya kembali informasi yang mereka dapatkan kepada lingkungan sekolahnya.

“Dengan demikian, usaha pencegahan dini dapat dilakukan secara terus menerus dengan berbagai bentuk kegiatan, seperti ceramah singkat bahaya penyalahgunaan narkoba setiap minggu pada upacara sekolah, membuat majalah dingding dengan materi bahaya narkoba, lomba vokal group, lomba yel-yel, lomba pidato dan berbagai kegiatan lainnya yang sifatnya, edukatif, kreatif dan positif,” tegas Pdt Monalisa.

Kedepan, siswa-siswa akan mempunyai ketahanan/kekebalan atau immun terhadap ancaman bahaya penyalahgunaan narkoba.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Pendidikan Nasional Karo, Eddy Surianta Surbakti, MPd mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut serta diharapkan sekolah-sekolah juga dapat mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut termasuk juga dengan melakukan razia rutin, memaksimalkan ruang kreativitas menggali dan mengembangkan potensi siswa serta menerapkan disiplin yang tegas di lingkungan sekolah.

Demikian juga sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba dan bahaya penularan HIV- AIDS di lingkungan masyarakat terus dilakukan. Untuk tahun 2017 pihaknya akan fokus di wilayah pelayanan GBKP Klasis Sibolangit dan GBKP Klasis Sinabung.

Untuk bulan Maret dan April Komisi HIV-AIDS dan NAPZA GBKP sudah melakukan sosialisasi di desa Batukarang, Tiganderket,Tanjung Merawa, Perbaji, Jandi Meriah, Sukandebi semuanya di Kabupaten Karo.

Sementara di Kabupaten Deliserdang, yakni di desa Sukamakmur, Rumah Pilpil, Rakuti, Sembahe dan Sibolangit, tutup Pdt. Monalisa Ginting. (sbc-03/drh)




Tinggalkan Balasan

error: