Search
Senin 13 Juli 2020
  • :
  • :

Bireuen Akan Renovasi Masjid Besar Peusangan

Starberita – Bireuen, Masjid Besar Peusangan Kabupaten Bireuen sudah sangat layak untuk direhabiltasi total dan merubah tampilan apalagi sudah sangat rendah sehingga terkesan bagaikan Masjid di kawasan perkampungan.

Demikian dikatakan Ketua Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Tgk Anwar Hasan pada rapat musyawarah BKM dengan para tokoh masyarakat Peusangan Bireuen yang turut dihadiri Bupati Bireuen terpilih 2017 – 2022 H Saifannur S Sos di Aula Gedung Ampon Syiek Peusangan Matanggeulumpangdua beberapa hari lalu.

Tgk Anwar Hasan menambahkan, sebelum bermusyawarah dengan seluruh masyarakat atas gagasan pengurus Masjid Besar Peusangan, dirinya bersama Tgk Imum Syiek, Tgk Muhammad Hafidh dan Tgk Faizin Yusuf sudah mendatangi Ulama Khazrismatih Aceh, Abu Tu Blang Bladeh (Tgk Muhammad Amin Bin Mahmud) untuk meminta arahan dan petunjuk.

Dijelaskan, Abu Tu Blang Bladeh pada prinsipnya setuju namun beliau mengatakan jangan ada persoalan bila Masjid Besar itu direhabilitasi dengan merubah penampilan Masjid tersebut.

Bupati Bireuen 2017 – 2022  H Saifannur S Sos seusai mendengarkan penjelasan Ketua BKM Tgk Anwar Hasan yang juga anggota DPRK Bireuen Partai NasDem serta pandangan peserta musyawarah lainnya menyebutkan dirinya bersama seluruh masyarakat sangat setuju untuk merehabilitasi dengan merubah penampilan Masjid Besar itu.

H Saifannur menyebutkan, Masjid Besar Peusangan memang sudah sangat layak untuk direhab asal sudah sepakat.

“Bila sudah sepakat “Lampoh Jrat Tapegala,” ungkap Bupati Bireuen seraya menyebutkan Insyaallah akan tuntas pembangunannya konon di Peusangan ada Rektor, pengusaha-pengusaha terkenal, tokoh-tokoh masyarakat, anggota DPR RI dan juga anggota DPRK Bireuen serta anggota DPRA Banda Aceh dan ada Bupati.

Dalam kaitan tersebut H Saifannur meminta agar peletakan batu pertama yang direncanakan Mei 2017 mendatang harus melakukan perencanaan yang matang dengan kontruksi yang mampu bertahan lama dan anti gempa sekaligus memohon agar panitia menyerahkan rekening Masjid sebab dirinya akan membantu dana Rp100 juta untuk langkah awal.

“Saya merasa terharu dan bangga adanya rehabilitasi Masjid Besar Peusangan sebab Masjid ini sejak puluhan tahun setiap para jamaah haji ingin berangkat ke Tanah Suci selalu singgah dan Shalat di Masjid Besar Peusangan ini,” tandasnya seraya mengharapkan pembangunannya harus tahan gempa. (sbc-03/ach)




Tinggalkan Balasan

error: